Asal-Usul Nama Vespa

Rabu, 18 Agustus 2010

vespa_logo_1
Vespa adalah merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia.  Perusahaan induk dari Vespa, adalah Piaggio.  Merek yang diedarkan oleh PT. Danmotor Indonesia ini mempunyai penggemar fanatik, dan klub-klub penggemar Vespa (terutama Vespa klasik) menjamur diberbagai kota di Indonesia.  Vespa menjadi salah satu alat transportasi yang modern sampai saat ini.
Sejarah vespa dimulai lebih dari seabad silam, tepatnya ditahun 1884.  Perusahaan Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio.  Bisnis Rinaldo dimulai peralatan kapal.  Tapi di akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta api.  Pada Perang Dunia I, perusahaannya memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut.  Pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera di daerah Tuscany Italia.  Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbang beserta komponen-komponennya (baling-baling, Mesin dan Pesawat) selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.
 
Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu.  Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Pabrik Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio).  Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, negara ini miskin, infrastrukturnya didirikan kembali sekitar tiga puluh tahun dan tingkat konsumsinya rendah.  Namun Enrico Piaggio memiliki gagasan yang cocok pada masa tersebut.  enrico20piaggio Sesuatu yang cocok untuk pertumbuhan pasar domestik, kebutuhan mobilitas dan untuk memulihkan industrialisasi.  Enrico menciptakan motor skuter Vespa pada tanggal 23 April 1946 dimana pada waktu itu awalnya memang sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong.  Yang mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur.
Konsep Vespa berasal dari Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern Pertamanya Piaggio.  D’Ascanio sebenarnya tidak menyukai sepeda motor sama sekali, dia menemukan ketidaknyamanan pada roda yang sulit untuk diganti setelah terjadi kebocoran ban dan yang lebih buruk lagi adalah rantainya yang membuat pengendaranya kotor.  Namun dari pengalaman menjadi insinyur penerbangan di Pabrik Piaggio inilah yang membuatnya menemukan solusi untuk semua masalah tersebut. 
D’Ascanio membuat rancangan yang simpel,ekonomis, nyaman dan juga elegan.  D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari teknologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis.  Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat yang yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.  Di periode inilah awal kelahiran resmi skuter Vespa.

Awalnya nama skuter ini bukanlah Vespa.  Prototipe pertamanya diberi nama MP5, 57)MP5__1945_-4 kendaraan ini berteknologi sederhana tetapi punya bentuk yang amat menarik.  Guna mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya, pabrikan yang kala itu masih terbilang sebagai usaha ''kaki lima'' merancang papan penutup kaki pada bagian depan.   56)MP5__1945_-3 Namun, karena bentuk penutup pengaman yang bagai papan selancar itu, sejumlah pekerja di pabrik Piaggio pun bahkan mengatakannya sebagai motor Paperino dikarenakan bentuknya yang aneh.   Harap diingat, Paperino adalah sindiran sinis untuk tokoh Donald Duck (bebek).

Ketika Enrico Piaggio melihat prototipenya ia tidak menyukainya sama sekali dan meminta Corradino D’Ascanio untuk merancang ulang kendaraan tersebut.  D’ascanio hanya membutuhkan beberapa hari untuk mengonsep ulang bentuk desain kendaraannya dan lahirlah prototipe keduanya yang diberi nama MP6.
image
Saat Enrico Piaggio melihat protototip MP6 itu, ia mendengar suara dengung di putaran mesinnya seketika itu pulalah secara tak sengaja Enrico berseru “Sembra Una Vespa” (tampaknya seperti Tawon). Akhirnya dari seruan tak sengaja itu, diputuskan kendaraan ini dinamakan ‘Vespa’ (tawon dalam bahasa Indonesia).


disunting dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar